• Beranda
  • ...
  • Militer
  • Dientup Iskander, Peluncur Rudal Patriot Pertama Terkonfirmasi Gosong di Donetsk

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Dientup Iskander, Peluncur Rudal Patriot Pertama Terkonfirmasi Gosong di Donetsk
Quote:


Satu per satu sistem senjata donasi Amerika untuk Ukraina mulai rontok, setelah Abrams dan Himars, kini giliran Patriot yang gosong di garis depan. Menurut keterangan dalam video yang sudah banyak beredar di X dan Telegram, Patriot dientup rudal Iskander-M di dekat desa Sergiivka di Donetsk Oblast. Desa tersebut lokasinya tidak jauh dari kota Pokrovsk. Pihak Ukraina belum mengkonfrmasi insiden tersebut.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia yang pertama kali membagikan video penghancuran Patriot mengatakan jika sistem pertahanan udara yang digebuk Iskander adalah S-300 dan bukan Patriot. Tetapi, dari bukti visual yang terlihat, apa yang diklaim Rusia tidak benar. Pasalnya terlihat sangat jelas dalam video jika kabin truk pembawa rudal Patriot tersebut adalah kabin MAN KAT1 8x8 buatan Jerman. Seperti tampak pada ilustrasi di atas, kabin truk MAN bisa diidentifikasi dari bentuk pintunya.

Penggunaan truk MAN menunjukkan jika Patriot yang dihancurkan Rusia merupakan sistem yang dikirim dari Jerman, karena Patriot yang dipakai Amerika biasanya memakai truk Oshkhos. Agak aneh juga, mengapa Rusia bisa salah mengenali sistem pertahanan udara Barat yang dipakai Ukraina ? Terlebih lagi mereka ngotot jika yang dihancurkan oleh rudal Iskander adalah S-300. Sejauh ini, belum diketahui pasti kapan serangan terhadap Patriot terjadi dan apakah kru Patriot gugur atau selamat ?

Quote:


Dalam video yang diunggah oleh Kementerian Pertahanan Rusia, tampak ledakan besar terjadi setelah Patriot dientup rudal Iskander-M. Ledakan besar tersebut merupakan indikasi jelas penggunaan hulu ledak konvensional berukuran besar yang biasanya dipakai oleh Iskander-M.

Iskander-M punya jarak tembak maksimal 500 km dan jarak tembak minimum 50 km. Bobot rudal 3,8 ton dengan berat hulu ledak mulai dari 480 sampai 700 kg (tergantung jenisnya). Sistem rudal Iskander-M dapat disiapkan dalam waktu 4 sampai 16 menit. Sebelumnya, Iskander-M sukses mengeliminasi sistem peluncur roket Himars, menjadikan rudal ini semakin menjadi ancaman di garis depan.

Sebagai tambahan informasi bagi Agan, sistem yang dihancurkan Iskander-M adalah M901 mobile launcher unit, merupakan sistem peluncur rudal dari MIM-104 Patriot. M901 dipakai untuk mengangkut, mengarahkan dan meluncurkan rudal. M901 punya 4 tabung tertutup untuk menembakkan rudal PAC-2/PAC-3. Kementerian Pertahanan Rusia menyebut ada dua M109 yang berhasil dilumpuhkan.

Mengutip informasi dari Army Recognition, Jerman sudah mendonasikan dua baterai (kompi) Patriot ke Ukraina. Baterai Patriot pertama dikirim pada April 2023, sementara yang kedua dikirim pada Desember 2023. Amerika telah memberi satu baterai Patriot, sementara Belanda mendonasikan dua unit peluncur rudal Patriot ke Kyiv.

Satu baterai Patriot terdiri dari masing-masing satu unit radar, kendaraan komando dan kontrol, kendaraan pendukung, kendaraan penyedia listrik serta delapan peluncur rudal. Dalam standar Amerika, satu baterai Patriot terdiri dari 16 unit peluncur rudal. Sementara itu, tidak diketahui berapa sebenarnya jumlah peluncur rudal yang dioperasikan oleh baterai Patriot milik Ukraina.

Quote:


Hancurnya dua sistem peluncur rudal Patriot tentu belum bisa memberi pukulan telak bagi Ukraina, karena Patriot adalah sebuah sistem yang terdiri dari berbagai unit. Terlebih yang hancur hanya sistem peluncurnya, bukan keseluruhan unit Patriot. Akan tetapi, hancurnya Patriot menunjukkan jika akurasi rudal Rusia tampaknya semakin membaik. Tercatat sudah dua kali rudal ini sukses mengeliminasi sistem senjata buatan Amerika dalam kurun waktu seminggu terakhir.

Di sisi lain, penampakan Patriot di garis depan semakin menguatkan dugaan jika sistem ini telah digunakan Ukraina untuk merontokkan jet tempur Rusia. Ukraina pernah mengklaim menembak jatuh 3 pesawat tempur Rusia dalam sehari pada Februari kemarin. Meski tidak ada bukti berupa video dan foto, ada dugaan Patriot adalah pelaku penembakan jet tempur tersebut. Membawa Patriot ke garis depan punya plus dan minus. Plusnya adalah bisa menembak jatuh jet tempur lawan sebelum masuk jauh ke wilayah Ukraina, minusnya adalah Patriot bisa dihancurkan oleh Rusia, jika proses pemindahan sistem ini tidak dilakukan dengan baik.


------------------



Referensi Tulisan: Army Recognition
Sumber Foto: sudah tertera
gubtifaqih
jazzcoustic
geopoliticsgeek
geopoliticsgeek dan 10 lainnya memberi reputasi
11
925
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.