mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Penemuan Mortir Yugoslavia Berkarat di Kalideres, Masih Aktif dan Tertimbun Lama


Heboh Penemuan Mortir asal Yugoslavia Berkarat di Kalideres, Masih Aktif dan Sudah Tertimbun Lama


Sejumlah aparat kepolisian mengamankan lokasi penemuan mortir jenis Fragmen M57 asal negara Yugoslavia di sekitar kawasan Kamal, Kalideres, Jakarta Barat pada Minggu (21/4/2024)
tribunx logo

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Warga Kamal, Kalideres, Jakarta Barat dihebohkan dengan penemuan sebuah mortir jenis Fragmen M57.

Kapolsek Kalideres Kompol Abdul Jana mengatakan mortir ini ditemukan dalam keadaan aktif pada Minggu (21/4/2024) kemarin oleh warga yang hendak cuci kaki di depan rumahnya.

"Tiba-tiba menginjak sebuah benda mencurigakan yang tertimbun tanah menyerupai sebuah mortir," kata Abdul Jana saat dihubungi, Senin (22/4/2024).

Setelah mendapatkan laporan, Polsek Kalideres berkoordinasi dengan Subden Gegara Satbrimob Polda Metro Jaya bersama dengan Tim identifikasi Polres Metro Jakarta Barat.

"Dari hasil identifikasi Subden gegana satbrimob Polda Metro Jaya bahwa Mortir tersebut masih dalam keadaan aktif berkarat," ujarnya.

Abdul Jana mengatakan setelah diteliti, mortir tersebut merupakan buatan negara Yugoslavia dan diperkirakan sudah lama tertimbun.

Saat ini, kata Abdul Jana, mortir tersebut sudah diamankan di Subden I Jibom Gegana Satbrimob Polda Metro Jaya.

"Buatan Yugoslavia diperkirakan sudah lama tertimbun di tanah mengingat kondisinya sudah berkarat," tuturnya.


https://www.tribunnews.com/metropoli...ertimbun-lama.

Temuan Mortir Buatan Yugoslavia di Kalideres, Polisi: Masih Aktif

TEMPO.CO, Jakarta - Kapolsek Kalideres Kompol Abdul Jana menyatakan temuan mortir di wilayah Kamal, Kalideres, Jakarta Barat masih aktif. Mortir yang ditemukan pada Ahad, 21 April 2024 itu berjenis Fragmen M57.

Tim Gegana Polda Metro Jaya telah mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) untuk mengamankan dan menyelidiki temuan bom tersebut.


"Hasil identifikasi Subden Gegana Satbrimob Polda Metro Jaya, mortir tersebut masih aktif hanya kondisinya berkarat," kata Abdul di Jakarta, Senin, 22 April 2024, seperti dilansir dari Antara.

Abdul mengatakan mortir itu buatan Yugoslavia dan sudah lama terkubur di dalam tanah. "Diperkirakan sudah lama tertimbun di tanah mengingat kondisinya sudah berkarat," ujarnya.

Mortir itu ditemukan oleh seorang warga Kamal yang hendak mencuci kaki di keran air depan rumahnya.

"Tiba-tiba dia menginjak sebuah benda mencurigakan yang menyembul dari dalam tanah, menyerupai sebuah mortir," kata Abdul.

Warga itu lantas menghubungi Polsek Kalideres. "Setelah mendapat laporan, kami langsung berkoordinasi dengan Subden Gegana Satbrimob Polda Metro Jaya bersama dengan Tim identifikasi Polres Metro Jakarta Barat," kata dia.

Temuan mortir itu sudah dievakuasi dan diamankan di Subden 1 Jibom Gegana Satbrimob Polda Metro Jaya. "Sudah dievakuasi dan diamankan," ujarnya.

https://metro.tempo.co/read/1859300/...ng_page_direct

pertanyaannya kok bisa ketahuan sekarang? Efek tanah kena air terus sampai lapisan permukaannya mulai mendekati mortir yang terkubur?

Ini mortir dari mana ya? Kalau dari Yugoslavia kemungkinan dari zaman Orde Lama Demokrais Terpimpin kayaknya. Kalideres saa titu masih wilayah sawah dan rawa jadi bisa saja mortir yang nggak dipakai lagi ditaruh di situ, tapi ini cuma hipotesa ngawur saja.
chiar pp
braaivlees
bobulil
bobulil dan 2 lainnya memberi reputasi
3
265
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.