• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Hari Gini Kok Masih Misscall Segala? Situ Jadul Atau Fakir Quota? :D

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Hari Gini Kok Masih Misscall Segala? Situ Jadul Atau Fakir Quota? :D


Misscall, orang awam menyebutnya sebagai miskol, yakni tindakan melakukan panggilan singkat ke nomor telepon seseorang lalu kemudian segera mengakhiri panggilan sebelum panggilan tersebut dijawab. Ini digunakan sebagai cara untuk memberi tahu penerima bahwa penelepon ingin berkomunikasi tanpa perlu melakukan percakapan panjang atau mengeluarkan biaya untuk panggilan penuh..

Gara-gara kemarin mendapat panggilan misscall beberapa kali dari nomor tidak dikenal saya jadi kefikiran ternyata dizaman sosial media ini masih ada yang melakukan misscall. Mungkin cara jadul ini masih dianggap cara komunikasi yang efisien, ekonomis, dan seringkali cukup jelas dalam konteks tertentu.

Ketika masa peralihan, misscall di telepon fitur ke smartphone dulu kita juga mengenal istilah misscall dalam bentuk chat bertuliskan 'Ping' pada BlacBerry dan kini di era Android-iOS disingkat jadi 'P' saja di chat WhatsApp dan sejenisnya. Tujuannya kurang lebih sama mengajak komunikasi atau menarik perhatian.



Sedikit bernostalgia tentang alasan mengapa dulu orang melakukan 'panggilan kangen' atau misscall, menurut saya adalah:

Pertama. Sebagai notifikasi lewat panggilan ke penerima kalau mereka ingin berkomunikasi tanpa harus memulai lebih dulu atau panggilan penuh. Contohnya pesan yang ingin disampaikan relatif sederhana atau mendesak, seperti memberi tahu seseorang bahwa pelaku misscall telah tiba di tempat yang dituju, pertanda darurat atau pesan tertentu.



Kedua. Karena dinilai lebih Ekonomis karena dulu biaya telepon disetiap daerah berbeda bahkan supaya murah harus menggunakan kartu GSM di wilayah yang sama agar tidak terkena roaming 'lokal' maka misscall seolah tanpa sadar menjadi kebiasaan seseorang untuk memberi tahu penerima bahwa mereka ingin berkomunikasi.

Ketiga. Karena keterbatasan teknologi seperti di daerah yang aksesnya masih terbatas terhadap teknologi, seperti daerah pedesaan atau negara berkembang, misscall mungkin menjadi salah satu metode komunikasi yang paling mudah diakses, alasan lain sengaja orang menggunakan hp fitur yang lebih praktis seperti orangtua yang tidak paham internet.

Meski dulu misscall berguna bagi sebagian orang cara ini dianggap kurang sopan termasuk saya kurang suka seseorang melakukan misscall kepada saya karena tujuannya saya anggap tidak jelas. Kalau saya lagi iseng biasanya saya balas dengan panggilan misscall berkali-kali.

Adakah kalian juga merasakan masa-masa itu?








Original Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Opini | img : Ai  



Diubah oleh iskrim 25-04-2024 00:41
krukov
riodgarp
krisnova75670
krisnova75670 dan 11 lainnya memberi reputasi
10
678
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.