• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Fungsi Lain Dari Knalpot yang Jarang Diungkap Media, Penting Buat Safety Riding Nih!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Fungsi Lain Dari Knalpot yang Jarang Diungkap Media, Penting Buat Safety Riding Nih!


Ramainya razia knalpot bising waktu lalu dihampir berbagai daerah banyak didukung oleh masyarakat karena suaranya sangat meresahkan dan mengganggu ketenangan lingkungan tapi juga meninggalkan sedikit kekecewaan khususnya bagi pedagang knalpot aftermarket pasalnya penjualan mereka merosot turun drastis..

Knalpot yang sudah dari sananya didesain sedemikian rupa oleh insinyur otomotif rupanya bagi sebagian orang dianggap kurang begitu memuaskan karena menurut mereka masih bisa di 'oprek ulang' atau diganti dengan versi yang lebih 'baik'. Tujuannya jelas agar kendaraan semakin terdepan, sat set sat set! Mereka lupa kalau kendaraan yang mereka naiki digunakan hanya untuk pemakaian sehari-hari bukan untuk kompetisi.



Diciptakannya knalpot dikendaraan karena proses pembakaran (gas buang) mesin harus dilepaskan ke luar maka dibutuhkan yang namanya knalpot. Selain itu manfaat knalpot sendiri ternyata cukup banyak seperti pada desain knalpot modern mulai dilengkapi dengan teknologi muffler yang membantu mengurangi emisi gas berbahaya seperti karbon monoksida dan hidrokarbon.

Ketika aliran gas buang dari Exhaust manifold tadi lancar maka bisa meningkatkan efisiensi kerja mesin, suhu stabil dan umur mesin jadi lebih panjang, mesin terhindar dari partikel debu atau benda halus masuk ke dalam sistem pembakaran.

Secara estetika adanya knalpot juga bisa memberikan tampilan lebih menarik dan elegan pada kendaraan. Bisa kita lihat beberapa bentuk knalpot hampir selalu berbeda disetiap kendaraan terutama di motor-motor bensin saat ini.

Menurut sumber yang saya baca knalpot ternyata juga bisa mengurangi kebisingan, bukan menambah kebisingan! Sistem peredam yang ada di dalam knalpot zaman sekarang didesain bisa bantu mengurangi kebisingan saat gas buang melewati knalpot.



Kemudian hal yang jarang orang ketahui adalah kehadiran knalpot disetiap kendaraan ternyata berperan penting juga dalam mendistribusi bobot kendaraan. Para insinyur dan desain kendaraan sudah sangat memperhitungkan dan mempertimbangkan tentang penempatan dan desain/ bentuk knalpot karena mempengaruhi titik pusat gravitasi kendaraan, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi stabilitas dan manuverabilitas kendaraan.

Jadi jika kamu mengganti knalpot standarnya berarti sedikit banyak sudah mengubah distribusi bobot asli kendaraan, maka jangan remehkan penggantian ini apalagi sering dibawa dengan kecepatan tinggi karena butuh pengalaman dan jam terbang yang cukup tinggi agar bisa cepat beradaptasi.








Original Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Opini, Ref1, Ref2, Ref3 | img : Ai  



Diubah oleh iskrim 25-04-2024 13:05
littlesmith
jlamp
rassakhiy
rassakhiy dan 13 lainnya memberi reputasi
14
989
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.