heavenlinggaAvatar border
TS
heavenlingga
Setelah Jakarta Bukan Ibu Kota, DPRD DKI Usul Pemprov Kelola Gelora Bung Karno




Ilustrasi: Kantor DPRD DKI Jakarta. (FOTO: DPRDDKI)

Komisi C DPRD DKI Jakarta mengusulkan agar pemerintah daerah (Pemda) DKI mengelola aset pemerintah pusat seperti Gelora Bung Karno di Senayan dan Pelabuhan Tanjung Priok. 

Usulan ini muncul seiring dengan Jakarta kehilangan statusnya sebagai ibu kota, yang telah dipindahkan oleh Presiden Joko Widodo ke Kalimantan. Sekretaris Komisi C DPRD Provinsi DKI Jakarta, Yusuf, menyatakan bahwa pengelolaan aset-aset tersebut oleh pemerintah daerah dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui potensi pajak.

Yusuf mengharapkan bahwa keputusan presiden terkait pemindahan ibu kota akan disertai dengan regulasi yang memungkinkan pengalihan aset-aset pemerintah pusat ke DKI Jakarta. Meskipun Jakarta tidak lagi menjadi ibu kota, diharapkan pendapatan daerah bisa tetap bertambah. 

Selain itu, ia menegaskan bahwa DKI Jakarta akan terus diperjuangkan sebagai pusat perekonomian nasional, kota global, dan kawasan agloramerasi sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2024 tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta (UU DKJ).

Sementara itu, Wakil Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta, Tri Indrawan, menyebut bahwa saat ini Pemprov DKI Jakarta sedang menunggu penetapan Jakarta sebagai Provinsi Daerah Khusus Jakarta oleh Presiden Joko Widodo. 

Selama menunggu, pemerintah sedang mempersiapkan Jakarta sebagai kota global dengan meningkatkan sinergi transportasi, kondisi hunian, dan ekosistem teknologi informasi.

Presiden Joko Widodo telah menandatangani Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2024 tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta (DKJ) pada Senin (29/4), memberikan arahan baru bagi perencanaan dan pengelolaan Jakarta ke depannya.



0
184
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.