Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

heavenlinggaAvatar border
TS
heavenlingga
Komitmen Kebijakan Haji Ramah Lansia, Berikut 8 Layanan KBIHU


Penandatanganan komitmen KBIHU, salah satunya komitmen haji ramah lansia. (FOTO: Kemenag)


Komitmen layanan KBIHU dalam mendukung kebijakan Haji Ramah Lansia menjadi sorotan penting dalam upaya membina jemaah haji secara optimal. Penandatanganan komitmen ini, yang dilakukan di Aula Rapat Ditjen PHU Kementerian Agama, Jakarta, menegaskan pentingnya keselarasan antara KBIHU dan kebijakan pemerintah.

Berikut delapan komitmen layanan KBIHU, antara lain: Pertama, mendukung kebijakan Haji Ramah Lansia; kedua manasik yang menekankan kenyamanan, kesahihan, dan kemudahan (rukhsah) bagi Jemaah haji lansia. Ketiga melakukan pembinaan manasik yang menekankan sisi-sisi kemudahan (rukhsah) bagi jemaah haji lansia. Keempat membantu dan memfasilitasi pelaksanaan ibadah jemaah haji lansia.

Komitmen tersebut mencakup delapan poin penting, termasuk dukungan terhadap kebijakan Haji Ramah Lansia, penekanan pada kenyamanan dan kemudahan bagi jemaah haji lansia melalui manasik, serta pembinaan yang mempertimbangkan aspek kesehatan dan kenyamanan jemaah tersebut. Selain itu, komitmen juga mencakup kesadaran akan pentingnya empati dan peduli terhadap jemaah lansia, serta penanaman kesadaran terhadap standarisasi pengelolaan hewan Dam jemaah haji.

Penandatanganan komitmen ini dihadiri oleh para perwakilan KBIHU dari berbagai wilayah, serta disaksikan oleh pihak terkait dalam penanggulangan bencana dan pembimbing ibadah haji. Direktur Jenderal PHU, Hilman Latief, menegaskan pentingnya data base jemaah yang dibimbing, inovasi layanan bimbingan, dan peningkatan profesionalisme kelembagaan sebagai bagian dari komitmen tersebut.

Dalam laporan terkait jumlah pembimbing ibadah haji, tercatat ada 685 kuota pembimbing yang tersebar di 30 provinsi. Meskipun demikian, beberapa pembimbing harus mundur karena alasan tertentu. Kasubdit Bimbingan Jemaah, Khalilurrahman, menekankan perlunya implementasi komitmen tersebut dalam bimbingan dan pendampingan jemaah haji, baik di dalam negeri maupun di Arab Saudi.


Diubah oleh heavenlingga 30-04-2024 06:06
0
58
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.