kissmybutt007Avatar border
TS
kissmybutt007
BYD Bakal Bangun Pabrik di Subang, Mulai Produksi 2026
BYD Bakal Bangun Pabrik di Subang, Mulai Produksi 2026
Luthfi Anshori
4–5 minutes

Jakarta -

BYD Motor Indonesia menandatangani kesepakatan kerja sama dengan PT Suryacipta Swadaya, developer Kawasan Industri Subang Smartpolitan. Nantinya, pabrik BYD bakal dibangun di kawasan tersebut.

Kesepakatan kerja sama ini merupakan langkah awal pengembangan strategis ekosistem EV (electric vehicle) di Indonesia oleh BYD Indonesia yang mencakup pusat penelitian, pengembangan, juga fasilitas pelatihan dengan teknologi terbaru yang hemat energi dan ramah lingkungan.

Kesepakatan kerja sama ini ditandatangani oleh Nathan Sun selaku Operation Director BYD Indonesia dan Wilson Effendy selaku Vice President Director PT Suryacipta Swadaya, disaksikan jajaran management BYD Auto, yakni Liu Xueliang selaku General Manager BYD Asia Pacific, Eagle Zhao selaku Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, dan juga perwakilan Kementerian Republik Indonesia, yang dilakukan pada kesempatan press day Periklindo Electric Vehicle (PEV) Show 2024 di JIexpo, Kemayoran, Jakarta (30/4).


BYD bangun pabrik di Subang, Jawa BaratBYD bangun pabrik di Subang, Jawa Barat Foto: Luthfi Anshori/detikOto

"Melalui berbagai penilaian, BYD memutuskan bahwa Kawasan Industri Subang Smartpolitan tepat untuk menjadi lokasi pengembangan industri EV BYD di Indonesia. Kawasan industri ini dapat memenuhi kriteria, baik dari segi luas, jarak, lingkungan, maupun infrastruktur yang kami perlukan, sehingga kami yakin fasilitas yang terbangun nantinya akan mampu mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia dan transisi menuju energi bersih, dan sekaligus mendukung perekonomian negara khususnya wilayah sekitar," ujar Eagle.

Kawasan industri Subang Smartpolitan terintegrasi dengan berbagai infrastruktur strategis nasional. Lokasi ini diklaim mudah untuk diakses melalui Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di KM 89 yang sedang dalam tahap pengembangan.

Selain itu, kawasan ini juga dekat dengan Jalan Tol Akses Patimban yang langsung terhubung ke Pelabuhan Patimban, Bandara Internasional Kertajati, dan Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan menuju Jakarta, Bandung, dan kota-kota lain di Jawa Barat dan Tengah.

BYD mengumumkan harga ketiga mobilnya pada ajang IIMS 2024Ilustrasi mobil listrik BYD Foto: Septian Farhan/detikoto

Subang Smartpolitan merupakan kawasan perkotaan terintegrasi untuk area industri dan komersial di Indonesia, menyambut baik kerja sama ini dan mendukung langkah BYD dalam mendorong mobilitas berkelanjutan di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara.

"Kami antusias menyambut kehadiran BYD di Subang Smartpolitan. Hal ini membuktikan infrastruktur kawasan industri ini sesuai dan dapat mendukung terciptanya ekosistem kendaraan listrik yang akan dibangun oleh BYD yang juga akan berkontribusi pada perkembangan industri otomotif tanah air dan sejalan dengan visi kami untuk 'Membangun Indonesia yang Lebih Baik'," ujar Abednego Purnomo selaku VP Penjualan, Pemasaran & Hubungan Penyewa Subang Smartpolitan.

Investasi Penting untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi dan Transfer Teknologi

Fasilitas produksi EV BYD ini akan dibangun di area Fase 2 Subang Smartpolitan, khususnya di bagian utara kawasan ini. Dengan perencanaan Ekosistem EV yang komprehensif dan terintegrasi, BYD akan menggunakan lahan terbesar seluas lebih dari 108 hektare.

Investasi produsen mobil asal China ini tak hanya akan menciptakan ribuan lapangan kerja baru dan membangkitkan perekonomian komunitas sekitar, tetapi juga meningkatkan transfer teknologi dan keahlian dalam pembuatan EV. Hal ini bisa mendorong pertumbuhan industri pendukung di sektor EV, serta membuka peluang baru bagi perusahaan lokal untuk terlibat dalam rantai pasok global EV, sehingga juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang signifikan di Indonesia.

Setelah penandatanganan kesepakatan antara kedua belah pihak, proses selanjutnya adalah serah terima lahan yang dilakukan pada bulan Agustus 2024. BYD merencanakan operasional pembangunan bertahap dan diperkirakan mulai beroperasi pada bulan Januari 2026.

https://oto.detik.com/berita/d-73191...-produksi-2026



semoga harganya bisa lebih terjangkau kalau udah produksi dalam negeri
sujime
trfpjkgbrt2
viniest
viniest dan 2 lainnya memberi reputasi
3
393
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.