Kaskuser
 
20-05-2013 11:11
Apa Itu Pecinta Alam...? Siapa Itu Pecinta Alam...?
permisi min...

liat Berita lama yg jadi HT ane cuma pengen kasih penjelasan sedikit disini...





Pecinta alamadalah dua buah kata yang
mungkin selalu menjadi tanda tanya di
setiap orang, karena pecinta alam itu sendiri
mengandung pengertian yang sangat luas
sehingga menimbulkan berbagai macam
pengertian dari tiap tiap golongan,
kelompok, bahkan masing-masing individu.
Pecinta alam berawal dari Cinta berarti
menyukai, mengagumi, dan menyayangi.
Pecinta disini adalah orangnya atau “
pelaku “, sedangkan alam sebagai objeknya
atau “ korban “. Sehingga pecinta alam
berarti orang yang menyukai, mengagumi,
dan menyayangi alam. Berbeda pandangan,
berbeda pula arti pecinta alam yang
membuat pengertiannya menjadi sangat
luas. Namun dilihat dari kegiatannya, yang
dapat dikatakan pecinta alam bisa
dibedakan dalam beberapa kelompok :
Kelompok pertama adalah mereka yang
menyalurkan hobby dengan menggeluti alam
bebas. Mereka yang biasa atau gemar
berada dalam posisi menghadapi tantangan
untuk mencari “ kepuasan “ tersendiri.
Kegiatannya meliputi pendakian gunung,
panjat tebing, telusur gua, jelajah hutan, dan
lain - lain.
Kelompok kedua adalah mereka yang
berorientasi pada penyelamatan lingkungan
hidup. Contoh kegiatannya penanaman
mangrove, penangkaran flora dan fauna,
operasi SAR, pengamatan sosial - ekonomi
- budaya masyarakat dan lain - lain.
Kelompok ketiga adalah mereka yang
melakukan kegiatan Kelompok pertama dan
kedua. Mereka yang selain menggeluti alam
bebas, mereka juga berusaha melakukan
penyelamatan lingkungan hidup.
ada juga yang mengartikan bahwa Pecinta
artinya orang yang mencintai, dan alam
artinya segala sesuatu yang ada di sekitar
kita. Alam berarti segalanya, baik benda
hidup maupun benda tak hidup, yang ada di
dunia ini. Udara, tanah, dan air merupakan
bagian dari alam yang membantu
kelangsungan hidup kita. Demikian pula
dengan tanaman, hewan, dan manusia,
mereka termasuk bagian dari alam ini.
Keberadaan mereka satu dengan yang lain
saling mempengaruhi.
Dari kedua pengertian tersebut terlihatlah
memang ada kerancuan makna dalam
istilah “Pecinta Alam” tersebut: antara
mereka yang mencintai alam (lingkungan)
dengan mereka yang gemar berpetualang di
alam bebas. Namun hendaklah jangan
menjadi perdebatan dan perselisihan
diantara kita semua yang merasa cinta
terhadap alam semesta ini
Kehidupan di alam bebas tidak akan pernah
terlepas dari berbagai macam tantangan
namun perlu disadari
Tantangan terbesar bukan berasal dari alam
atau medannya, namun tantangan terbesar
adalah mengendalikan emosi saat berada di
alam bebas...


APA PECINTA ALAM?
Pecinta alam adalah pribadi yang
mencintai alam, dengan hati , perasaan
dan perbuatan. Semua bisa di lihat saat
dimanapun dia berada. Karena alam
adalah bahasa universal sebagai
penggambaran suatu tempat luas tak
berbatas ruang dan waktu. Bisa dalam
ruangan didalam rumah, sekolah, kantor,
pasar dan lain - lain tempat. Bisa dari
lingkungan sekitar, kawan, saudara,
bahkan musuh dan juga flora dan fauna .
Tidak hanya berpikiran sempit bahwa
alam adalah gumpalan pohon di tengah
rimba atau dilerengnya gunung. Dan pada
hakekatnya, sebagai penyandang nama
pecinta alam , dia mencintai alam, dan
karena cinta, dia akan peduli dan
mengasihi. Tidak akan rela jika yang
dicintai terluka oleh apapun.
SIAPA PECINTA ALAM?
Pecinta alam adalah suatu sosok yang
tegar dan mudah bersimpati kepada alam
luas, iba bila terluka dan akan tegas saat
melihat sesuatu menyakitinya. Semua
karena rasa cinta. Tetapi apa yang terjadi
kini? Ada asumsi bahwa seseorang berhak
atau sudah menyandang nama megah,
pecinta alam apabila telah mendaki
tingginya gunung! Dan sebelum itu
terjadi, dia bukan pecinta alam . Itu saja.
Mudah bukan mencari jabatan pecinta
alam? Intinya, bagi yang belum pernah
mendaki gunung, adalah bukan pecinta
alam!
Itulah mitos salah selama ini. Lihat di
tembok - tembok basecamp di kaki
gunung atau dilereng - lereng gunung,
mudah kita menemukan bendera,
spanduk atau stiker bertuliskan nama
organisasi yang ada tambahan pecinta
alam, pala dll. Tidak akan mudah kita
temui nama tersebut di kegiatan alam
terbuka lain selain pendakian gunung,
seperti hiking, konservasi alam, arung
jeram dll. Mengapa?
Itulah kesalahan mendasar bagi para
penggiat alam bebas , tidak mengetahui
secara luas apa itu pecinta alam? Dan
siapa pecinta alam? Dan seberapa
pantasnya kita menyandang nama itu?
Benarkah cinta kita kepada alam cinta
yang sesungguhnya? Apa maksud teriakan
Salam Lestari?
Apabila anda pecinta alam sejati,
sematkan nama itu di hati dan jaket anda.
Dimanapun anda berada, dan dimanapun
anda berkegiatan alam terbuka untuk
alam bebas. Marilah kita mulai, apabila
anda senang berkegiatan alam terbuka,
walaupun bukan pendaki gunung ,
gunakan nama PA dan PALA di sela nama
organisasi anda, dan teriakkan kata:
Salam Lestari di saat berkegiatan. Karena
pecinta alam bukan milik pendaki gunung
semata. Janganlah menjadi pendaki
sampah tetapi jadilah pecinta alam
konservatif...

Semoga penjelasan ini cukup jelas...

salam lestari...
salam rimba indonesia...

20 komentar kaskuser
Kaskuser
#1
20-05-2013 11:24
semoga semakin jelas ya ...
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Kaskuser
#3
20-05-2013 11:54
pecinta alam yang abal-abal itu ngerepotin senior yang serius gan, apalagi kalo niat ikutnya cuma karna pengen ngedaki gunung doang, huh, kaya' fans karbitan gitu jadinya ..
Kaskuser
#4
20-05-2013 11:58
ijin nyimak



numpang nitip lapak ..

sedia jersey & jaket follow @waroengsoccer
INVITE PIN BB : 3284431F
Kaskus Addict
#5
20-05-2013 12:12
aku suka tuh tapi sayang g ada waktunya
Kaskuser
#6
20-05-2013 12:26
memang miris gan ngeliat kelakuan segelintir anggota pecinta alam (katanya), tapi kelakuannya tidak mencerminkan seseorang yg tulus mencintai alam. ane sependapat sama agan dan sependapat sama apa yg dibilang sama Ritta Rubi Hartland. mereka itu cuman pengen dpt sebuah pengakuan dr orang2 sekitar klo mereka itu pecinta alam. disamping tujuan utamanya utk dpt menyandang nama besar dr organisasi pecinta alam itu sendiri. diorganisasi ane, orang2 macem begini paling banter bertahan 1-3 thn gan (aktif). setelah itu hilang entah kmn rimbanya (pasif).
tambahan dari ane gan, miris berikutnya adalah ketika ada kegiatan kemah di alam bebas. orang2 yg cuman sekedar label pecinta alam, biasanya suka nyanyi teriak2 di tengah hutan tanpa peduli sama orang2 yg ada disekitarnya. prinsip mereka itu pokoknya nyanyi sekeras mungkin, peduli setan sama yg disebelah. belum lg besok paginya mereka bangun, gulung tenda, langsung maen pergi gitu aja. sampah2 mereka kemah sebelumnya malah dibiarin berserakan. bener2 kesel sm miris ane ngeliatnya, bendera aja pecinta alam, tp kelakuan perusak alam maaf gan ane jd curhat disini, cmn sekedar mau share pengalaman aja

Salam Lestari,
Aktivis Kaskus
#7
20-05-2013 12:31
pecinta alam adalah yang yang waktu mendaki gunung berusaha mengumpulkan sampah dari awal pendakian sampai turun gunung kemudian di buang di tempat sampah
Kaskus Addict
#8
20-05-2013 12:33
Apalagi semenjak ada film 5c* makin banyak yang daki gunung makin banyak juga sampah
Kaskuser
#9
20-05-2013 12:44
 donijo


btw,,kalo copas mbok dirapihin dulu gan


sorry gan via hp... kalo ga ada berita yg memojokan para penggila alam mungkin ane juga ga bakalan post kaya gini.... sedikit sebel ama pwngertian mereka gan...
sekali lagi maaf ya kalo bnr2 berantakan dan kurang nyaman ama text yg ada...

salam lestari....



 mukakamu
memang miris gan ngeliat kelakuan segelintir anggota pecinta alam (katanya), tapi kelakuannya tidak mencerminkan seseorang yg tulus mencintai alam. ane sependapat sama agan dan sependapat sama apa yg dibilang sama Ritta Rubi Hartland. mereka itu cuman pengen dpt sebuah pengakuan dr orang2 sekitar klo mereka itu pecinta alam. disamping tujuan utamanya utk dpt menyandang nama besar dr organisasi pecinta alam itu sendiri. diorganisasi ane, orang2 macem begini paling banter bertahan 1-3 thn gan (aktif). setelah itu hilang entah kmn rimbanya (pasif).
tambahan dari ane gan, miris berikutnya adalah ketika ada kegiatan kemah di alam bebas. orang2 yg cuman sekedar label pecinta alam, biasanya suka nyanyi teriak2 di tengah hutan tanpa peduli sama orang2 yg ada disekitarnya. prinsip mereka itu pokoknya nyanyi sekeras mungkin, peduli setan sama yg disebelah. belum lg besok paginya mereka bangun, gulung tenda, langsung maen pergi gitu aja. sampah2 mereka kemah sebelumnya malah dibiarin berserakan. bener2 kesel sm miris ane ngeliatnya, bendera aja pecinta alam, tp kelakuan perusak alam maaf gan ane jd curhat disini, cmn sekedar mau share pengalaman aja

Salam Lestari,


seleksi alam yg menentukan mereka bener2 memiliki predikat tsb gan ....

salam lestari gan...




 begugpurnomo
pecinta alam adalah yang yang waktu mendaki gunung berusaha mengumpulkan sampah dari awal pendakian sampai turun gunung kemudian di buang di tempat sampah


++++ itu sebuah usaha dan kewajiban untuk semua pendaki gan yg bukan hanya pecinta alam saja yg melakukan itu... save u'r nature gan...
Kaskuser
#10
20-05-2013 12:48
 nall12
Apalagi semenjak ada film 5c* makin banyak yang daki gunung makin banyak juga sampah


pemahama para korban film itu tidak disertai dengan apa yg seharusnya dilakukan di alam sana....
Kaskus Addict
#11
20-05-2013 13:07
ane dari dulu kaga berani gabung mapala gan.. ngeri aja naek gunung..
padahal menurut ane keren loh



Posted with kaskusQR
#12
20-05-2013 13:09
salam hijau gan
Kaskuser
#13
20-05-2013 13:18
 tonga62
ane dari dulu kaga berani gabung mapala gan.. ngeri aja naek gunung..
padahal menurut ane keren loh



Posted with kaskusQR


ngeri/takut itu ada karena adanya sebuah resiko yg akan dihadapi...
kalo agan sadar sebernya kita melangkah dan berjalan juga mempunyai resiko,terjatuh mungkin,tetkilir mungkin...
apa agan ga takut/ngeri?
hehehehe



 bboycarter
salam hijau gan


salam ijo juga gan... hehehe
Kaskus Addict
#14
20-05-2013 15:18
jangankan di gunung yang jauh banget gan, di depan rumah aja jadi pencinta lingkungan ada sampah ambil buang ke tempatnya
Kaskuser
#15
20-05-2013 20:46
 serba.original
jangankan di gunung yang jauh banget gan, di depan rumah aja jadi pencinta lingkungan ada sampah ambil buang ke tempatnya


bisa2 dinas kebersihan ga ada kerjaan dong... hahahaaa
#16
02-06-2013 07:41
sekarang jangan bilang lagi Stop Global Warming krn pemanasan global akan terjadi sampai bumi merestart dirinya dan manusia hanya mempercepat

celana gunung murah meriah (Karrimor)
#17
06-06-2013 02:49
waduh terlalu berat wat ane utk jadi pecinta alam ane hanya ingin melihat kebesaran tuhan aja... :d
Kaskuser
#18
12-10-2013 15:38
merdeka
Newbie
#19
06-08-2020 09:28
Jadi kalo bukan anak kuliahan yang memasuki organisasi PALA. Bukan pecinta alam ya,?., kami masyarakat biasa tidak berhak menyandang pecinta alam.?.. Padahal justru mata saya melihat anak" mapala sekarang dengan etika nya yang buruk"... .. sapaan sih mapala sekarang. Beda dengan senior" nya yang dulu. Sepengenalan gw.
Newbie
#20
13-03-2021 13:12
Apakah dikatan pecinta alam apabila memiliki organisasi/kelompok?